Setelah Sukses XXI Short Film Festival 2015, Galang Siapkan Film Terbarunya

Berkat film pendek animasi berjudul DJAKARTA-00, Galang Ekaputra Larope berhasil menjadi salah satu finalis XXI Short Film Festival 2015 untuk kategori animasi. Di malam penghargaan, film tersebut berhasil menjadi Film Pendek Animasi Terbaik XXI Short Film Festival 2015.

Selain berhasil di XXI Short Film Festival 2015, film DJAKARTA-00 juga menghantarkan Galang menjadi pemenang kategori animasi pada gelaran Indonesia Short Film Festival 2015. Bahkan jauh sebelumnya karya ini sudah mendapat penghargaan “best idea” pada acara Konferensi Sarjana Desain 2014 yang diselenggarakan oleh Unika Soegijapranata, Semarang.

Saat ini Galang tengah mempersiapkan karya terbarunya yang diberi judul SEKO. Galang berencana akan memasukkan karya terbarunya ini pada XXI Short Film Festival 2016 yang akan datang. Sejumlah manfaat ia rasakan setelah mengikuti XXI Short Film Festival 2015 salah satunya adalah kesempatan bertemu dengan orang-orang baru di dunia perfilman independen.

Menurut Galang, kemajuan teknologi di bidang media dan komunikasi membuat segala sesuatu mudah dijangkau. Kebutuhan masyarakat saat ini berubah menjadi sesuatu yang instan dan cepat dikomunikasikan. Saat ini masyarakat ingin melihat karya yang pendek secara durasi dan bisa disampaikan langsung pada inti permasalahan yang diangkat di karya tersebut. Film pendek adalah masa depan cara masyarakat untuk menikmati film. Melalui film pendek juga Galang dapat meyampaikan sebuah pesan.

Bagi para pembuat film lainnya, Galang menyampaikan pesan “Berani kirimkan karya. Sebelum XXI Short Film Festival 2015, saya selalu merasa film saya tidak cukup baik untuk diikutkan festival, namun saya tetap mengirimkannya. Hasilnya pun di luar dugaan.”

Galang juga mengatakan pengalaman melihat karya film pendeknya diputar di layar lebar adalah hal yang paling berkesan selama mengikuti XXI Short Film Festival 2015.